Kapan waktu yang paling utama untuk dzikir pagi dan petang?.

Kategori : Keutamaan, Dzikir, Ditulis pada : 06 Oktober 2023, 13:48:54

16585571166399-GLlqU1TWVQo6LqQW6uLVl3wCyHeAp57fBSem2LXq.jpg

Kapan waktu yang paling utama untuk dzikir pagi dan petang?.

Narasumber: Syaikh Muhammad Sholih Al-Munajjid ( حفظه اللّٰه ).

Perkataan yang paling dekat bahwa seyogyanya seorang hamba yang ingin melakukan dzikir pagi waktunya adalah setelah terbitnya fajar sampai terbitnya matahari, ini adalah waktu dzikir pagi, namun jika waktunya telah berlalu tidak masalah dzikir pagi setelah terbitnya matahari sampai sebelum masuk waktu Dzuhur.

Jika demikian waktu yang paling utama untuk dzikir pagi yaitu dari setelah terbitnya fajar hingga terbitnya matahari, jika dzikir (penjagaan diwaktu fajar) jika anda berdzikirnya (pada waktu fajar) maka Alloh menjaga anda dari pagi dan hari seluruhnya, itu contoh keutamaan jika dzikir dilakukan diawal waktu pagi sehingga waktu penjagaan panjang, jika dzikirnya diakhirkan (hingga sebelum Dzuhur) maka waktunya lebih pendek.

Begitu juga memohon kepada Alloh kebaikan dihari ini maka dari awal hari akan menjadi baik hingga apa yang akan datang, lebih banyak dari pada diakhirkan contoh apabila diucapkan ditengah hari.

Dzikir petang kapan diucapkan? dari kebanyakan pendapat para ulama bahwa diucapkannya dari waktu Ashar sampai Magrib, menyegerakan dzikir setelah masuk waktu Ashar tidak masalah, jika waktunya terlewat tidak masalah jika dzikir petangnya pada waktu hingga sepertiga malam.

Terjemah selesai.

Terkait lupa belum membaca dzikir-dzikir petang ada tanya jawab dengan Syaikh Sholih Fauzan حفظه الله
terjemahan sebagai berikut:

Penanya: Saya telah lupa membaca dzikir-dzikir petang dan tidak ingat kecuali setelah Isya, apakah (boleh) saya membacanya (dzikir-dzikir petang)?,

Jawab Syaikh: Tidak mengapa demikian.

Terjemah selesai.

Allohu'alam.

Penerjemah : Komarudin S.T.

https://wa.me/6281318268515

Sumber:
Fatwa Syaikh Muhammad Sholih Al-Munajjid :
https://youtu.be/doAGJxSNZQY

Fatwa Syaikh Sholih Fauzan
حفظه الله :
https://www.facebook.com/reel/1809058799459911/?app=fbl
.

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id